Tuesday, September 29, 2009

Proyek Patuha Aliri Listrik 60 Ribu KK


VIVAnews - Proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Patuha unit 1 dengan kapasitas 1x55 megawatt (MW) dapat mengalirkan listrik untuk lebih 60 ribu kepala keluarga (KK).

Direktur Utama Geo Dipa Energi Praktimia Semiawan mengatakan, hal itu dengan asumsi setiap keluarga rata-rata mengkonsumsi listrik 900 kilowatt hours (kwh). "Dengan beroperasinya Patuha unit 1 diharapkan lebih dari 60 ribu KK teraliri listrik," ujar dia di Gedung Kementerian BUMN Jakarta, Selasa, 29 September 2009.

Menurut dia, selain Patuha unit I juga akan dikembangkan proyek unit dua dan tiga yang dilakukan bersamaan dengan pengerjaan dua unit pembangkit listrik panas bumi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah unit 2 dan 3 yang diharapkan bisa on stream paling lambat 2014, sementara unit 1 sudah beroperasi sejak 2002. Sedangkan untuk harga jual ke PLN sebagai konsumen (offtaker) tunggal diharapkan cukup kompetitif.

"Saat ini untuk harga masih negosiasi, yang jelas masih di atas enam sen," kata Praktimia.

Praktimia menuturkan, setiap unit proyek panas bumi ini memakan biaya total sekitar 143 juta dolar AS atau rata-rata sekitar 2,6 juta per mega watt sedangkan sambungan listriknya akan masuk dalam sistem Jawa Bali.


antique.putra@vivanews.com