Monday, November 9, 2009

Proyek Fiber Optic pasca Pilpres

Komunikasi serat optic telah bergulir beberapa tahun yang lalu diwilayah indonesia, sebagian kota kota besar telah ditanam kabel optik, sistem komunikasi serat optik dari beberapa pihak operator selular ditanah air.

Belakangan ini banyak rumor yang menghambat pengembangan jaringan telokomunikasi ini, terutama salah satu yang berperan sebagai kendala krisis global yang menghantam dunia yang sangat dirasakan oleh kita dari pertengahan tahun 2008 sampai dengan saat ini.

Planning jaringan komunikasi ini telah digulirkan untuk wilayah indonesia timut yang disebut "Ring Palapa". Berbagai pihak yang ikut serta dalam proyek ini mulanya ditanya akan terlelisasi setelah pilpres 2009, akan tetapi hal ini sampai dengan saat ini belum juga terlaksana. Proyek ini memakan dana milyaran rupiah, antusiasme perusahaan perusahaan pendukung terlaksananya proyek ini berharap harap akan dimulai akhir tahun 2009 ini.

Kami sebagai perusahaan yang telah cukup familiar dalam penangan distribusi akan material proyek ini berharap akan adanya realisasi secepatnya.

Disinyalir adapun kendala dalam pelaksanaan proyek ini, cukup dikwatirkan karena alasan "funder"

Kebutuhan akan sistim komunikasi baik jaringan komunikasi internet (dunia maya) sangat tidak memungkinkan lagi untuk ditunda pembangun infrastrukturnya diberbagai wilayah dengan mengembangkan kewilayah wilayah terpencil dibelahaan nusantara.

Nota bene pembangunan sistim informasi ini adalah salah satu yang harus kita galang sebagai pertumbuhan program " internet masuk desa", apa yang telah dikatakan oleh mentri komunikasi dan informasi RI, Tifatul Sembiring cukup diacungkan jempol karena program inipun akan dikawal dan diawasi terus pembangunan dan penggunaanya oleh kepentingan umum dan beliau juga mengatakan akan menutup akses untuk situs situs porno.

Memang dalam akses komunikasi internet maupun verbal mau tidak mau harus terus dikembangkan mengingat perkembangan pasar untuk hal ini sangat luar biasa, dan cukup menjanjikan terhadap keuntungan dan pengembangan usaha dimasa yang akan datang.

Marwan Dalimunthe
Powered by Telkomsel BlackBerry®