Thursday, January 6, 2011

SpotConnect Ubah Ponsel Pintar Jadi Ponsel Satelit
Augusta B. Sirait

INILAH.COM, Jakarta-Saat terdampar di sebuah pulau kecil, satu-satunya alat komunikasi yang bisa digunakan hanyalah sebuah telpon via satelit. Kini sudah ada SpotConnect yang mampu mengubah ponsel biasa menjadi ponsel satelit.

SpotConnect adalah sebuah alat GPS yang sekaligus bisa mengubah ponsel pintar menjadi ponsel satelit dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan beli ponsel satelit.

Dengan melakukan pairing (sinkronisasi) ke ponsel melalui koneksi Bluetooth dan bantuan aplikasi yang diinstal ke ponsel, kita bisa mengirim pesan (SMS dan email) kepada keluarga atau teman untuk memberitahu posisi kita walaupun tidak ada sinyal sama sekali di daerah tersebut.

Memang agak kurang tepat bila kami katakan sebagai ponsel satelit karena memang SpotConnect ini hanya bisa digunakan untuk kirim pesan.

Aplikasi yang ada akan membantu kita untuk selalu mengirim pesan (berisi data lokasi) secara berkala sehingga keluarga selalu tahu dimana lokasi terakir kita.

Kelebihan lain di SpotConnect ini, kita bisa gunakan untukupdate status di Facebook atau Twitter walaupun tidak ada sinyal.

Dan karena SpotConnect memang lebih untuk keadaan darurat, alat ini juga sudah punya sertifikasi anti air IPX7 yang artinya tidak masalah bila terendam air di kedalaman 1 m selama 30 menit.

SpotConnect dibandrol US$169,99 atau sekitar Rp1,7 juta.



Sent from my mobile phone