Tuesday, June 14, 2011

Konferensi Listrik Internasional Siap Goyang Bali
Charles MS

INILAH.COM, Jakarta - Dengan dukungan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dan PLN, AESIEAP dan MKI akan menyelenggarakan Konferensi dan Pameran Ketenagalistrikan Internasional "Conference of Electrical Power Supply Industry (CEPSI)" ke-19 pada tanggal 22 – 27 Oktober 2012 di Nusa Dua, Bali.

CEPSI ke-19 akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia dan akan dihadiri oleh sekitar 2500 delegasi. Rangkaian program Konferensi mencakup; Makalah Kunci, Pleno, Panel Diskusi, Presentasi Makalah Teknis, Pameran produk terkini, Pertunjukan Budaya dan Seni serta Kunjungan ke obyek ketenagalistrikan di Bali.

Seperti lazimnya tema "CEPSI" yang selalu advance dalam pengertian luas untuk pengembangan industri ketenagalistrikan, CEPSI ke-19 di Bali mengambil tema " Enhancing Clean Technology and Securing Investment for Electric Power Industry Development". Tema ini diharapkan dapat memberi jawaban terhadap aspek perkembangan teknologi, diversifikasi energi, lingkungan,investasi di bidang energi dan ketenagalistrikan serta aspek lain dari proyek pembangunan pembangkit, transmisi dan distribusi listrik dan kegiatan pendukungnya di kawasan Asia – Pacific.

Pada penyelenggaraan CEPSI ke-17 di Macau tahun 2008 Indonesia telah ditetapkan sebagai penyelenggara AESIEAP CEO Conference 2011 dan CEPSI 2012. Kemudian pada AESIEAP Executive Meeting & 35th Council Meeting tanggal 26 Oktober 2010 di Taipei Taiwan, Direktur Utama PT. PLN (Persero) Dahlan Iskan secara resmi telah ditetapkan sebagai Presiden AESIEAP untuk periode 2011 – 2012.

Sebagai tindak lanjut keputusan tersebut diatas dan hasil pertemuan antara PT. PLN (Persero) dengan MKI, Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan selaku Presiden AESIEAP 2011 – 2012, menunjuk MKI untuk menyelenggarakan kegiatan AESIEAP CEO Conference 2011 dan CEPSI 2012, dengan mengacu kepada petunjuk pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh AESIEAP.

AESIEAP CEO Conference 2011 merupakan salah satu kegiatan Pre CEPSI 2012 yang akan dilaksanakan tanggal 31 Oktober – 1 November 2011 di Manado, Sulawesi Utara. Konfrensi ini akan diharapkan dihadiri oleh CEO dari seluruh anggota AESIEAP. Pada konferensi ini akan dibahas isu–isu mengenai perkembangan teknologi bersih di bidang Ketenagalistrikan dan potensi ekonomisnya dalam rangka mendukung pengurangan emisi karbon dan pemanasan global

CEPSI sebagai salah satu satu kegiatan utama AESIEAP yang diselenggarakan setiap 2 tahun adalah konferensi para eksekutif puncak, manager serta profesional yang terlibat didalam industri ketenagalistrikan di kawasan Asia – Pacific. Saat ini CEPSI telah berkembang menjadi sebuah konferensi yang penting dan utama di bidang industri ketenagalistrikan di wilayah Asia – Pacific dan telah menjadi perhatian dunia.

Pelaksanaan CEPSI di Bali mempunyai arti yang penting dan menjanjikan beragam peluang investasi sektor Ketenagalistrikan, mengingat Indonesia merupakan negara ranking ke 15 dunia dalam produksi listrik disamping ketersediaan beragam energi primer (fosil, energy baru dan terbarukan) serta tingkat pertumbuhan permintaan energy listrik mencapai 10% per tahun.

Dalam perspektif nasional, pemilihan tema "Clean Technology and Securing Investment" diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan untuk mempercepat program pembangunan ketenagalistrikan nasional seperti proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW tahap 2 yang didominasi oleh energi baru dan terbarukan, yaitu sebesar 70% ; menuju pencapaian rasio elektrifikasi nasional sebesar 100%,. Disamping itu, konferensi ini juga diharapkan dapat memberikan arahan yang tepat dalam melaksanakan program energy efficiency, konservasi energi, diversifikasi energi dan penurunan emisi karbon.


Sent from my mobile phone