Thursday, December 29, 2011

Bisnis.com PELAYARAN: Masih akan jago kandang

OUTLOOK INDUSTRI PELAYARAN: Masih akan jago kandang

Kamis, 29 Desember 2011 | 14:34 WIB

Tularji

JAKARTA: Industri pelayaran nasional pada 2012 diperkirakan masih mengandalkan pangsa dalam negeri menyusul melambatnya perekonomian dunia akibat dampak krisis di Eropa.

 

Direktur The National Maritime Institut (Namarin) Siswanto Rusdi mengatakan pada 2012 armada niaga nasional tetap  merajai kegiatan pengangkutan laut di dalam negeri.

 

"Tahun 2012, pelayaran  nasional masih akan jago kandang. Berat, kalau tidak mau disebut mustahil mereka mau bermain di angkutan ekspor dan impor," katanya kepada Bisnis, Kamis 29 Desember.

 

Dia menambahkan persaingan pengangkutan laut komoditas ekspor dan impor lebih ketat, terutama pada kegiatan pengangkutan peti kemas karena jumlah operatornya yang banyak.

 

Namun, katanya, operator pelayaran nasional tidak kehilangan kesempatan untuk memperbesar porsi pengangkutan barang ekspor dan impor.

 

Hingga September 2011, jumlah muatan laut domestik mencapai 313,6 juta ton dengan 98,7% diangkut kapal berbendera Merah Putih dan sisanya kapal asing.

 

Operator pelayaran nasional dan Kementerian Perhubungan sudah merencanakan untuk memperbesar porsi kapal nasional pada kegiatan pengangkutan muatan ekspor dan impor menjadi 20% pada 2020.

 

Untuk itu, Indonesian National Shipowners' Association (INSA) menegaskan ambisinya untuk merebut pangsa pasar muatan ekspor dan impor yang setiap tahun rata-rata mencapai 550 juta ton.  (ea)