Thursday, December 15, 2011

Bisnis.com Waskita-Kajima garap proyek MRT

JAKARTA: PT Waskita Karya membentuk konsorsium dengan Kajima Corporation dalam penggarapan proyek Mass Rapid Transit (MRT) rute Lebak Bulus-Bunderan HI.
 
Rencananya, dalam pembangunan proyek tersebut pembagian porsi pendanaan dan pembagian kerja akan dibagi menjadi 60% oleh Kajima Corporation, dan 40% sisanya dari PT Waskita Karya.   
 
Dirut PT Waskita Karya M Choliq mengatakan setelah lolos dalam prakualifikasi, mereka saat ini mulai menyiapkan dokumen tender proyek termasuk penawaran nilai proyek yang akan diajukan jika tender mulai dibuka.
 
"Kami sudah negosiasi dengan Kajima dan Waskita, sharingnya sebesar 40% dalam proyek ini," ujar Choliq hari ini.
 
Menurutnya, keikutsertaan Waskita dalam proyek itu karena sudah berpengalaman dalam menggarap proyek jalan, terutama jalan di Jakarta. Selain itu, dari segi finansialpun dinilai mencukupi sehingga proyek MRT itu telah menjadi salah satu proyek yang masuk dalam rencana anggaran proyek Waskita pada 2012.
 
Sebelumnya, perusahaan pelat merah itu juga telah berkonsorsium dengan Kajima dalam proyek pembangunan ruas tol akses Tanjung Priok Seksi E-2 ruas Cilincing-Jampea sepanjang 2,74 km dengan nilai kontrak Rp1,08 triliun.
 
Dirut PT MRT Jakarta Tribudi Rahardja mengatakan untuk proses pelaksanaan tender dokumen masih menunggu persetujuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Namun ditargetkan bisa dilaksanakan akhir Desember atau paling lambat awal Januari 2012.
 
"Setelah tender dilaksanakan, kami targetkan penandatangan kontrak kerja sama dengan kontraktor bisa dilaksanakan pada September 2012," ujarnya hari ini. (tw)