Thursday, December 29, 2011

Sistim truck lossing dari/ke pelabuhan Tanjung Priok, maupun tujuan lainnya

Kegiatan bongkar Dari kapal terus disambung dengan menggunakan armada trucking untuk didistribusikan langsung kepihak importir, atau penerima barang memang jauh lebih efesien dalam hal biaya, salah satunya yang dipangkas langsung adalah biaya penumpukan dilapangan maupun digudang. 

Truck lossing untuk macam variasi barang kami dapat melayani, namun unit armada kami tidak dapat sepenuhnya diminta untuk memenuhi secara keseluruhan akan tetapi dapat membantu keringan untuk pengguna trucking yang membutuhkan pelayanan kami. 

Banyak hal yang telah kami ikut sertakan baik diangkutan darat dari/ke pelabuhan tanjung Priok, maupun tujuan luar kota untuk wilayah sumater, Jawa dan bahkan Bali. 

Dari sekian banyak shipment yang telah kami kerjakan kami cukup berpengalaman dalam hal ini dan untuk pemesan armada kami dapat menghubungi kami diblog ini. Terimakasih






Pertamina-Aramco bangun kilang di Tuban rp80 triliun - ANTARA News

Pertamina-Aramco bangun kilang di Tuban rp80 triliun

Kamis, 29 Desember 2011 16:52 WIB | Dibaca 800 kali

Cilacap (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan perusahaan negara Arab Saudi, Saudi Aramco berencana membangun kilang berkapasitas 300.000 barel per hari di Tuban, Jatim dengan perkiraan investasi Rp80 triliun.

Direktur Pengolahan Pertamina Edi Setianto di Cilacap, Jateng, Kamis mengatakan, pada pertengahan Januari 2012, Pertamina dan Saudi Aramco akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembangunan Kilang Tuban.

"Proyek ditargetkan beroperasi 2018," katanya.

Menurut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah meminta agar Pertamina segera membuat kerja sama dengan Saudi Aramco.

Kilang Tuban direncanakan menghasilkan antara lain produk BBM sebesar 8,29 juta kiloliter per tahun yang terdiri dari premium 3,93 juta, solar 2,68 juta, dan avtur 1,68 juta.

Edi mengatakan, setelah MoU, Pertamina dan Aramco akan melakukan studi kelayakan yang diperkirakan selama satu tahun.

Menurut Edi, kerja sama Pertamina-Aramco di antaranya Aramco akan memasok kebutuhan minyak mentah jenis berat (sour) sebesar 250.000 barel per hari dan 50 ribu lainnya dari produsen lain.

"Dengan demikian, kami dapat komposisi harga yang bagus," katanya.

Ia juga menambahkan, kilang Tuban direncanakan terintegrasi dengan produk petrokimia, sehingga meningkatkan keekonomiannya.

Pertamina menargetkan mulai 2018 tidak lagi mengimpor BBM karena sudah mampu berswasembada bahan bakar tersebut.
(K007)

Wajah Baru Pelabuhan Teluk Bayur Tiga dermaga baru disiapkan untuk menampung sejumlah komoditas ekspor Sumatera Barat


Bongkar muat peti kemas

Hadi Suprapto | Kamis, 29 Desember 2011, 06:03 WIB

VIVAnews - Target menjadikan Teluk Bayur sebagai gerbang utama Pantai Barat Sumatera akan selesai tahun depan. Dua bulan terakhir, pengerukan dan penambahan dermaga baru mulai dibangun.

Tiga dermaga baru disiapkan untuk menampung sejumlah komoditas ekspor Sumatera Barat, yaitu bijih besi, karet, minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), dan batu bara. Sebelumnya, satu dermaga Teluk Bayur dipakai bersama untuk mengekspor komoditas unggulan tersebut ke Amerika dan China.

"Tahun depan (dermaga baru ini) ditargetkan sudah bisa digunakan," kata General Manager Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Yanto Barbarosa, kepada VIVAnews.com, Rabu, 28 Desember 2011.

Dermaga baru yang sedang disiapkan ini akan diperuntukkan bagi terminal peti kemas, peti kemas khusus, dan terminal curah untuk mencapai banyak tujuan. Terminal ini disiapkan untuk masing-masing komoditas ekspor Sumbar, tanpa harus berebut di satu terminal.

Menurut Yanto, pembenahan Pelabuhan Teluk Bayur menelan anggaran Rp350 miliar. "Ini tidak hanya digunakan untuk membangun terminal dan pengerukan dermaga, tapi juga guna membeli sejumlah peralatan baru," katanya.

Pengembangan dermaga ini disesuaikan dengan masterplan pengembangan yang ditetapkan sejak 2005. Peningkatan kapasitas dermaga ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja pelabuhan. Sejauh ini, kapasitas bongkar muat di Pelabuhan Teluk Bayur berkisar 15 juta ton per tahun.

Kalkulasinya, menurut Yanto, saat ini Teluk Bayur mampu menampung 13 kapal untuk bongkar muat. Dengan perbaikan ini, 17 kapal akan bisa melakukan aktivitas bongkar muatnya dalam sehari.

Pengembangan diharapkan mampu meningkatkan pelayanan ekspor minyak sawit mentah yang produksinya mencapai 1 juta ton per tahun. Sebelumnya, dermaga CPO Teluk Bayur telah mengalami perpanjangan hingga 220 meter dan telah dimanfaatkan pada pertengahan 2009.

Dalam rencana pengembangan dermaga tahun ini, akan dilakukan penambahan pelabuhan khusus batu bara. Rencananya, pengembangan dermaga khusus batu bara ini mencapai panjang 300 meter. Jika dermaga khusus ini selesai, dermaga satu hingga empat bisa dimanfaatkan untuk bongkar muat barang lain.

Docking System

Ekonom Universitas Andalas Prof Elfindri melihat, pengembangan Teluk Bayur harus memiliki konsep yang mengarah pada penyiapan fasilitas lain untuk perbaikan kapal. Menurut Elfindri, sistem galangan kapal (docking system) ini merupakan satu peluang yang bisa mendongkrak kinerja pelabuhan.

"Masuk akal jika Teluk Bayur dijadikan sebagai gerbang utama Pantai Barat, tapi tidak cukup sebatas itu, docking system ini juga harus dipandang sebagai peluang," kata Elfindri.

Kedekatan jarak antara Sumbar dengan Singapura, menurut dia, bisa dimanfaatkan untuk 'menarik' jumlah kapal agar sandar di Padang. Dengan rata-rata 50 ribu kapal per tahun yang singgah di galangan kapal Singapura, paling tidak Sumbar memiliki peluang bisa mengembangkan sejumlah galangan kapal.

Secara jangka panjang, ia mengatakan, pengembangan Teluk Bayur tidak hanya akan meningkatkan perekonomian Sumbar. Daerah di kawasan Sumatera Tengah juga akan terkena imbas positif dari pengembangan dermaga tersebut.

"Perdagangan barang akan lebih mudah dan antrean tidak akan terlalu lama, sehingga interkoneksi antarpelabuhan bisa lebih berkembang," katanya.

Ia melihat, pengembangan pelabuhan Teluk Bayur akan memberikan dua keuntungan bagi Sumbar.

Pertama, kondisi ini akan memperkuat kelancaran barang dari Jawa ke Sumbar yang selama ini lebih memanfaatkan jalur darat. Kedua, kawasan Sumatera Tengah bisa lebih berkembang.

Perluasan dermaga Teluk Bayur menelan lahan seluas delapan hektare. Pihak Pelindo mengaku telah berkoordinasi dengan masyarakat pemilik lahan untuk proses ganti rugi lahan.

Pemerintah Provinsi Sumbar memasukkan program perbaikan dermaga Teluk Bayur sebagai rencana jangka panjang yang direncanakan selesai pada 2014 dengan nilai investasi mencapai Rp1,7 triliun. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengaku, pihaknya telah menandatangani kesepahaman dengan Pelindo untuk pengembangan jangka panjang Teluk Bayur.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pelindo dalam koridor ekonomi dilakukan gubernur pada Agustus lalu. (Laporan: Eri Naldi l Padang, art)


VIVAnews Bandara Pontianak Diperbesar Lima Kali


Bandara Pontianak Diperbesar Lima Kali
Angkasa Pura II menyiapkan dana Rp65 miliar dari estimasi pembiayaan total Rp390 miliar.

Dirut Angkasa Pura II, Tri S. Sunoko

Antique | Kamis, 29 Desember 2011, 17:14 WIB

VIVAnews - PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan pengembangan Bandar Udara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat hingga lima kali lebih besar dari kapasitas yang ada saat ini. Ke depan, bandara tersebut akan menjadi bandara modern yang mampu melayani hingga 3,2 juta pergerakan penumpang per tahun.
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S. Sunoko, mengungkapkan, pengembangan yang dilakukan tersebut terfokus pada upaya peningkatan kapasitas terminal penumpang yang mengalami kelebihan kapasitas (over capacity), yaitu dengan membangun terminal penumpang yang baru.

Bangunan terminal penumpang yang baru tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 32.000 meter persegi, atau lima kali lipat lebih luas dari terminal yang digunakan saat ini, seluas 6.936 meter persegi.
 
Dia menuturkan, Bandara Supadio saat ini melayani rute penerbangan domestik maupun internasional ke sejumlah tujuan yang dilayani oleh enam maskapai penerbangan. Maskapai tersebut antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, Kalstar, serta Trigana. Total frekuensi penerbangan rata-rata per hari sebanyak 64 penerbangan.
 
Menurut Tri Sunoko, hingga akhir November 2011, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Supadio mencapai angka 1,93 juta pergerakan. Sedangkan kapasitas yang tersedia hanya untuk melayani sebanyak 875 ribu pergerakan penumpang per tahun.

"Artinya, sudah terjadi over capacity di bandara ini, maka pengembangan mutlak harus segera dilakukan," ungkap Tri Sunoko dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Kamis, 28 Desember 2011.
 
Tri mengungkapkan, proses pengembangan bandara ini dilakukan secara bertahap, mengingat pelaksanaannya dilakukan tanpa menghentikan operasional bandara yang tengah berjalan.

Untuk pembangunan tahap I, yang diawali dengan pemancangan tiang pertama tersebut, Angkasa Pura II menyiapkan dana sebesar Rp65 miliar dari estimasi pembiayaan total sebesar Rp390 miliar.

"Bangunan lama nantinya akan kita hancurkan. Secara keseluruhan, proses pembangunan terminal baru ini kami targetkan selesai pada 2014. Namun, kami akan mengupayakan pada 2013, sebagian bangunan dapat dioperasikan," ujarnya.
 
Untuk diketahui, sebelum memulai pembangunan terminal penumpang yang baru, Angkasa Pura II telah lebih dahulu melakukan pembangunan gedung terminal kargo yang pelaksanaannya saat ini telah memasuki tahap II, dengan progress pembangunan mencapai 60 persen.

Terminal kargo baru ini ditargetkan dapat dioperasikan secara penuh pada pertengahan tahun 2012.

Selain bangunan-bangunan tersebut, program pengembangan Bandara Supadio juga mengagendakan pembangunan landasan pacu baru berukuran 3.000 x 60 meter (ultimate), pembangunan taxiway pararel, serta perluasan apron untuk mengantisipasi kehadiran pesawat-pesawat berbadan lebar sejenis Boeing 767 series. "Saat ini, ukuran terbesar yang mendarat di Bandara Supadio adalah pesawat-pesawat sejenis Boeing 737 series," kata Tri Sunoko.

Tri menambahkan, diharapkan pengembangan Bandara Supadio yang mendapat dukungan besar dari Pemerintah Pusat melalui peran Kementerian Perhubungan maupun Kementerian Negara BUMN ini, termasuk dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Pontianak, akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian Provinsi Kalimantan Barat maupun perekonomian nasional sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
 
"Oleh karenanya, kami sangat meyakini bahwa perubahan besar yang akan dilakukan terhadap Bandara Supadio ini tidak hanya akan memberikan nilai tambah bagi Angkasa Pura II, tetapi juga akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat Kalimantan Barat secara khusus, maupun masyarakat Indonesia pada umumnya," tutur Tri Sunoko. (umi)






Bisnis.com PELAYARAN: Masih akan jago kandang

OUTLOOK INDUSTRI PELAYARAN: Masih akan jago kandang

Kamis, 29 Desember 2011 | 14:34 WIB

Tularji

JAKARTA: Industri pelayaran nasional pada 2012 diperkirakan masih mengandalkan pangsa dalam negeri menyusul melambatnya perekonomian dunia akibat dampak krisis di Eropa.

 

Direktur The National Maritime Institut (Namarin) Siswanto Rusdi mengatakan pada 2012 armada niaga nasional tetap  merajai kegiatan pengangkutan laut di dalam negeri.

 

"Tahun 2012, pelayaran  nasional masih akan jago kandang. Berat, kalau tidak mau disebut mustahil mereka mau bermain di angkutan ekspor dan impor," katanya kepada Bisnis, Kamis 29 Desember.

 

Dia menambahkan persaingan pengangkutan laut komoditas ekspor dan impor lebih ketat, terutama pada kegiatan pengangkutan peti kemas karena jumlah operatornya yang banyak.

 

Namun, katanya, operator pelayaran nasional tidak kehilangan kesempatan untuk memperbesar porsi pengangkutan barang ekspor dan impor.

 

Hingga September 2011, jumlah muatan laut domestik mencapai 313,6 juta ton dengan 98,7% diangkut kapal berbendera Merah Putih dan sisanya kapal asing.

 

Operator pelayaran nasional dan Kementerian Perhubungan sudah merencanakan untuk memperbesar porsi kapal nasional pada kegiatan pengangkutan muatan ekspor dan impor menjadi 20% pada 2020.

 

Untuk itu, Indonesian National Shipowners' Association (INSA) menegaskan ambisinya untuk merebut pangsa pasar muatan ekspor dan impor yang setiap tahun rata-rata mencapai 550 juta ton.  (ea)

Wednesday, December 28, 2011

Bangun Proyek Tol, CMNP Siapkan Rp550 Miliar


CMNP juga menegaskan kelanjutan pembangunan jalan tol ruas Depok-Antasari

Jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor

Syahid Latif, Sukirno | Rabu, 28 Desember 2011, 19:10 WIB

VIVAnews - PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mengungkapkan kebutuhan belanja modal atau Capital Expenditure (Capex) perusahaan tahun 2012 ditaksir mencapai sebesar Rp550 miliar. Dana itu akan digunakan untuk membangun sejumlah proyek jalan tol.

"Termasuk untuk proyek Depok-Antasari (DATR) dan perawatan rutin. Uang Rp500 miliar itu dari kas internal," kata Direktur Operasional PT Citra Marga Nusapala Persada Tbk, Hudaya Arryanto, dalam paparan publik, di Jakarta, Rabu, 28 Desember 2011.

Hudaya memperkirakan kebutuhan capex tersebut masih mungkin bertambah karena perusahaan saat ini sedang dalam proses ekspansi bisnis. CMNP berencana ekspansi bisnis dengan cara akuisisi dan mengikuti sejumlah proses tender. "(Dana Capex) itu yang sudah commited, akan ada equity call," kata dia.

Terkait pembangunan jalan tol ruas Depok-Antasari, Hudaya mengatakan bahwa proyek tersebut kini sudah bisa kembali dilanjutkan oleh anak usahanya, PT Citra Waspphutowa. Addendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas tol Depok-Antasari ditandatangani pada 7 Juni 2011 lalu oleh anak usahanya Citra Waspphutowa sebagai pemegang konsesi proyek jalan tol.

Untuk pembangunan kembali proyek tersebut, CMNP mengaku telah mengeluarkan rencana bisnis baru. Pembangunan proyek itu nantinya akan dibagi dalam dua tahap yaitu tahap I sepanjang sekitar 12 km dari Antasari-Sawangan dengan rencana operasional pada 2014 mendatang.

Untuk tahap II, pembangunan akan dilakukan untuk ruas Sawangan-Bojong Gede sepanjang sekitar 9,5 km. Namun pembangunan ini akan dilakukan jika volume lalu lintas telah bagus.

CMNP mengungkapkan, CW juga telah menandatangani perjanjian pinjaman dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) pada 25 Agustus lalu sejumlah Rp95 miliar. Kemudian, pada 25 November lalu, CW juga telah mengajukan permohonan dana Badan Layanan Umum milik Kementerian Pekerjaan Umum yang hingga kini masih tahap proses finalisasi.

"CW akan mendapatkan dana BLU sebesar Rp484 miliar untuk pembangunan proyek jalan tol tahap I," katanya.

Diakui Hudaya, proses pembebasan lahan hingga saat ini masih terus dilakukan. Proses negosiasi dan musyawarah dengan warga sekitar diperkirakan akan selesai pada pertengahan 2013. "Dilanjutkan dengan proses pembangunan konstruksi tahap I," ujarnya. (umi)



Bisnis.com PLN hemat Rp19,9 triliun dari tiga PLTU baru


Rabu, 28 Desember 2011 | 16:52 WIB

Irsad Sati

 

CILACAP: PT PLN menghemat biaya produksi arus listrik hingga Rp19,9 triliun per tahun dari operasi tiga pembangkit baru yang mulai beroperasi dengan total kapasitas 1.600 Megawatt.

 

Ketiga pembangkit di sistem jaringan Jawa dan Bali yang mulai beroperasi itu adalah PLTU Banten Suralaya berkapasitas 625 MW, PLTU Banten Lontar di Tangerang 315 MW dan PLTU Tanjung Jati B Ekspansi Unit 3 sebesar 660 MW.

 

Dirut PT PLN Nur Pamudji mengatakan penghematan tersebut dihitung dari selisih biaya harga energi primernya yang menggunakan batu bara dibandingkan dengan menggunakan BBM.

 

Dia menjelaskan PLTU I Banten Suralaya mengkosumsi batu bara 2,9 juta ton per tahun yang setara dengan 1,2 juta kilo liter BBM dengan memberikan penghematan Rp7,5 triliun.

 

PLTU 3 Banten Lontar memakai batu bara 1,4 juta ton per tahun atau setara dengan 1,7 juta liter dengan nilai penghematan Rp3,9 triliun.

 

PLTU Tanjung Jati B unit 3 mengkonsumsi 2,2 juta ton batubara atau setara dengan 1,3 juta kilo liter BBM dengan nilai penghematan Rp8,6 triliun.

 

"Ketiga pembangkit ini akan memperkuat pasokan listrik bagi sistem Jawa dan Bali," ujarnya dalam acara peresmian ketiga proyek tersebut bersama kilang minyak Cilacap oleh Presiden Yudhoyono di Cilacap, hari ini, Rabu, 28 Desember 2011.

 

Menurut dia, PLN akan terus meningkatkan porsi PLTU yang berbasis bahan bakar batu bara dalam sistem produksi ketenagalistrikan dengan target mencapai 65%.

 

Dalam hal ini, lanjutnya, pemilihan pembangkit berbasis batu bara karena melimpah cadangan batubara di tanah air dan relatif murah harganya dibandingkan dengan BBM.

 

PLTU Banten Suralaya dikembangkan oleh PT PLN dengan nilai investasi US$368 juta plus Rp1 triliun dengan dukungan kredit dari Bank Ekspor dan Impor China.

 

Sementara itu, PLTU 3 Banten dibangun dengan nilai investasi US$588 juta plus Rp2 triliun dengan fasilitas kredit dari Bank Of China dan Bank Bukopin.

 

Presiden Yudhoyono meresmikan operasi pembangkit unit I dari tiga unit yang dibangun.

 

"Dua unit lagi dalam tahap tes operasi dan direncanakan beroperasi pada kuartal pertama 2012," kata Dirut PLN.

 

PLTU Tanjung Jati B unit 3 dikembangkan oleh Sumitomo Corporation dengan mitranya, Wasa Mitra Engineering Joint Operation dengan nilai investasi 160 miliar yen.

 

Presiden Yudhoyono meminta manajemen PLN terus meningkatkan kehandalan pasokan listrik bagi Indonesia agar bisa mendukung pembangunan dan perekonomian nasional yang butuh pasokan energi dalam jumlah besar.

 

Dalam hal ini, lanjut Kepala Negara, PLN harus terus menggali semua sumber energi yang ada sehingga tidak bergantung pada satu jenis energi primer saja.

 

Presiden menyarankan agar perusahaan milik negara tersebut lebih optimal mencari sumber energi terbarukan, seperti panas bumi yang cadangannya sangat besar di Indonesia.

 

"PLN harus memikirkan sumber energi yang lebih ramah lingkungan. Kita memang butuh energi, tapi juga memiliki etika untuk mendapatkannya," katanya lagi. (ln)


Thursday, December 22, 2011

Pengiriman unit kenderaan bermotor via kapal Roro

Kenderaan bermotor cukup banyak pemesanan dari luar kota, khususnya untuk Kalimantan, Sulawesi bahkan wilayah timur Indonesia.

Akibat banyaknya permintaan tersebut membuat kesibukan untuk jalur pengiriman dengan menggunakan kapal Roro sangat padat sekali, bahkan banyak pengirim tidak kebagian space dikapal yang bersangkutan.

Tapi kami cukup merasa bangga, berkat kerjasama yang kami bina selama ini sangat jarang sekali kami tidak kebagian tempat untuk pengiriman setiap armada, baik Alat berat maupun kenderaan pribadi. Seperti dalam gambar ini baru baru ini kami mengirimkan sebuah kenderaan pribadi untuk tujuan Banjarmasin yang kami berangkatkan dengan kapal Roro KM. Nusantara seminggu yang lalu, dan sudah diterima ditangan penerima dibanjarmasin.

Disamping kenderaan bergerak kami juga banyak mengirimkan barang barang Cargo yang sifatnya cepat tiba ditujuan, dan tentu harga pengirimannya cukup jauh berbeda dengan harga barang umum dengan menggunakan Container maupun kapal kargo lainnya. Penanganan kami untuk menggunakan armada kapal Roro khusus karena konsekuensi transit time yang ditekankan kepada kami sebelumnya. Seperti selama ini tidak jarang kami ditekankan untuk pengiriman kebanjarmasin yaitu 4-5 hari kerja, bahkan ke Makassar dengan transit time 5 - 6 hari kerja sudah tiba ditujuan.

Oleh karena hal tersebutlah kami terus membina hubungan baik dengan beberapa operator kapal Roro yang memasuki wilayah Tg. Priok - Jakarta. Dan untuk para pengguna jasa kami yang menginginkan pengiriman yang lebih cepat dengan kategori barang project, barang berat maupun barang lainnya yang konskwensi waktu dapat menghubungi kami. Terimakasih

Sunday, December 18, 2011

PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)

PRESS RELEASE 
PELINDO III TANJUNG EMAS TERUS BERBENAH, TINGKATKAN KINERJA PELAYANAN
Realisasi Akhir 2011, Terjadi Peningkatan Jumlah Penumpang


SEMARANG - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara telah mengalami perubahan peran seiring dengan berlakunya UU Pelayaran no 17 tahun 2008. Pergeseran peran menjadi operator terminal, pada akhirnya memacu Pelindo III untuk semakin professional dan inovatif dalam bidang bisnis jasa kepalabuhanan.
Tak pelak, Tanjung Emas sebagai Cabang Pelabuhan yang berada di Kota Semarang ini juga turut berbenah dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan. Dilaporkan, realisasi arus penumpang sampai dengan triwulan III tahun 2011 (bulan Januari-September) adalah sebesar 392.694 orang dengan rincian 10.643 penumpang luar negeri yang melakukan debarkasi (turun). Sedangkan arus dalam negeri sejumlah 182.026 orang debarkasi dan 200.025 orang melakukan embarkasi (naik). Artinya, terjadi peningkatan sebesar 14,35 % jika dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya sampai dengan triwulan III sejumlah 343.405 orang.
Menurut General Manager Cabang Tanjung Emas, Rismarture Sidabutar, peningkatan ini pada umumnya disebabkan oleh bertambahnya jumlah kapal penumpang luar negeri yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas. "Peningkatan terjadi terutama pada awal sampai pertengahan tahun. Arus mudik Lebaran kemarin ikut menambah jumlah arus penumpang dalam negeri", katanya.


Operasional arus barang juga mengalami peningkatan sebesar 4,93 % dibanding tahun sebelumnya, dari 2.721.767 ton menjadi 2.856.019 ton. Pencapaian arus barang ini dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah arus batubara dan bongkaran gandum import.
Sedangkan berdasar kunjungan kapal, laporan manajemen triwulan tahun 2011 menyebutkan terdapat 3.153 unit kunjungan kapal. Hal ini berarti terjadi penurunan sejumlah 2,51 % untuk unit dan naik sebesar 17,39 % untuk GT (GrossTon-satuan berat kapal) dari realisasi tahun 2010. Kapal general cargo dan kapal penumpang mendominasi kunjungan kapal di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas.


Menurut Rismarture, menurunnya kunjungan kapal curah cair non BBM di dermaga CPO (Crude Palm Oil) terutama kapal pengangkut Molases, Ethanol, PFAD, dan RBD Olien menjadi penyebab penurunan jumlah arus kapal dalam unit. "Namun kunjungan kapal di DUKS (Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri) Opsico cenderung lebih besar jika dilihat dari satuan berat kapal atau Gross Ton, "tambahnya jelas.
Info lebih lanjut hubungi :


Humas PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas
Jln. Coaster no.10 Semarang
Telepon (024) 3545721. Fax (024) 3542649
Email: tgemas@pp3.co.id





Saturday, December 17, 2011

Pelindo Sampit salurkan Rp1,3 miliar untuk PKBL - ANTARA News

Sabtu, 17 Desember 2011 15:25 WIB
Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Pelabuhan Indonesia (PT Pelindo) III Cabang Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyalurkan dana sebesar Rp1,365 miliar untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

"Dana yang kami salurkan unutk program PKBL tersebut merupakan hasil dari penyisihan sebesar 2 persen dari total laba perusahaan," kata General Manager (GM) PT Pelindo III Cabang Sampit Abdul Rafiq Fanany di Sampit, Sabtu.

Dari dana sebesar Rp1,365 miliar yang disalurkan tersebut Rp1 miliar untuk program kemitraan dan Rp365 juta diantara sebagai dana hibah Bina Lingkungan.

Sistem penyaluran dana program kemitraan dilakukan dengan selektif dan setiap usaha calon penerima dana atau mitra sebelumnya dilakukan pengecekan dan pengujian kelayakan terlebih dahulu, katanya.

Setiap mitra yang mendapatkan dana pinjaman nantinya akan dikenakan bunga sebesar enam persen setiap tahunnya dan pada enam bulan pertama setelah mitra menerima pinjaman tidak dikenakan atau diwajibkan membayar angsuran.

Menurut Fanany, dengan diberikan keringanan bunga pinjaman tersebut diharapkan bisa memberikan kelonggaran dan kelancaran mitra dalam membayar angsuran kedepannya.

Mitra penerima pinjaman tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis dan kalaupun ada syarat yang mengharuskan menyertakan jaminan seperti aset yang dimiliki mitra berupa surat tanah atau barang lainnya itu semata-mata hanya sebagai upaya antisipatif saja.

"Program kemitraan sangat potensial untuk dikembangkan di Kotim dan selama program kemitraan itu berjalan tingkat pengembalian dan pertumbuhan usaha dari mitra sangat baik," katanya.

Pengembalin dana pinjaman memang ada masalah atau macet dan hal itu terjadi pada era 2009 yang lau, sedangkan untuk yang baru-baru ini kebanyakan mitra cukup taat terhadap pengembalian pinjaman atau tidak ada yang macet.

Sejak program kemitraan digulirkan pada 1994 yang lalu PT Pelindo III Cabang Sampit sudah menyalurkan dana kurang labih sebesar Rp7,6 miliar.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kotim Mudjiono mengatakan, pembinaan terhadap UMKM yang di lakukan PT Pelindo III Cabang Sampit bejalan mulus dan bisa dikatakan berhasil, sebab program tersebut telah mampu meningkatkan usaha para mitra.

"Kami berharap kedepannya tidak hanya PT Pelindo III Cabang Sampit saja yang melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Kotim, tapi juga diikuti oleh perusahaan swasta besar lainnya," ungkapnya.

(ANT-174/F002)

Bisnis.com Semen Padang bina 3.500 UKM

Semen Padang bina 3.500 UKM

Sabtu, 17 Desember 2011 | 20:34 WIB

M. Syahran W. Lubis

 

JAKARTA: PT Semen Padang membina 3.500 usaha kecil dan menengah di Sumatra Barat melalui lembaga khususyang disebut Bapak Angkat Industri Kecil (BAIK).

 

"Lembaga BAIK telah berdiri sejak 1986. Semen Padang konsisten melaksanakan program kemitraan dan itu membantu kami meraih penghargaan tertinggi dalam Indonesia CSR Awards," kata Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin.

 

Dia berbicara kepada Bisnis hari ini, berkaitan dengan kesuksesan BUMN tersebut meraih CSR Award tertinggi, yakni Platinum, dan empat Gold pada ajang Indonesia CSR Awards (ICA) 2011. Acara puncak ICA 2011 digelar pada Kamis malam lalu.

 

Munadi menjelaskan Program Bina Lingkungan disalurkan Semen Padang untuk hal yang sangat bermanfaat, yaknimembina pemuda putus sekolah melalui bantuan pendidikan & pelatihan.

 

Bentuk kegiatannya adalah Loka Latihan Keterampilan (Lolapil), praktik kerja lapangan/ magang, dan pelatihan-pelatihan lainnya untuk siswa, mahasiswa, dan pemuda.

 

Juga ada bantuan peningkatan kesehatan, pelestarian alam, sarana ibadah, pengembangan sarana & prasarana umum berupa pembangunan jembatan, balai pemuda, saluran irigasi, sekolah, serta bantuan mengatasi dampak bencana alam. (sut)




4 Unit Colt Diesel Project Bantuan Computer Departement Agama untuk sekolah Madrasah Aliyah

 Pada hari yang sama, begitu malam sudah mulai larut kami juga dimintakan tambahan untuk pengiriman beberapa titik yang bervariasi sebanyak 4 Unit Armada Colt Diesel wilayah wilayah yang dimintakan tambahan untuk angkutan pendistribusian alat computer ini antara lain: Serang, Cilegon, Lebak dan Pandeglang. diantaranya terdiri antara 6, 7 , 9 titik pendistribusian yang digabung pengirimanya menjadi dua kawasan  Serang - Cilegon dengan 2 Unit Armada Colt Diesel dan begitu juga Lebak - Pandeglang 2 Unit Armada Colt Diesel.

Sebelumnya kami sudah menloading 3 Unit colt Diesel untuk tujuan Bandung dan sekitarnya, dan beberapa jam kemudian terjadi penambahan pengiriman untuk ke 4 wilayah ini. Walaupun pekerjaan begitu banyaknya yang harus dituntaskan pada malam yang bersangkutan tapi akhirnya menjelang jam 4 pagi seluruh tujuan kami dapat tuntaskan pemuatannya, pemuatan kami lakukan digudang ABP salah satu gudang dikawasan Cakung - Cilincing, Jakarta Utara.

Setelah selesai pada jam 4 Pagi seluruh armada langsung menuju kesetiap lokasi pengiriman sebagaimana yang diintruksikan dan mengingat pendistribusian sudah harus selesai diserah terimakan sampai sore hari kepada masing masing penerima.

Rasa syukur kami pekerjaan ini sukses dilakukan dan seluruh team yang mendukung kegiatan yang dimulai dari sore hari ini akhirnya dapat beristirahat setelah melakukan pekerjaan dari sore hari sampai dengan sore hari berikutnya. Rangkaian kegiatan yang sifatnya rush handling seperti ini sudah cukup sering kami dipercayakan walaupun terkadang kami mempunyai keterbatasan, yang kadang dilapangan sering terjadi mis komunikasi tapi sebagai jasa transportasi kami cukup memahami sistim logistics untuk pengangkutan semacam ini.

Dan kepada pihak rekan yang mendapatkan kepercayaan untuk pendistribusian produk maupun barang bantuan semacam ini dapat menghubungi kami untuk berkonsultasi maupun bekerjasama. Terimakasih




Project Bantuan Komputer Departement Agama untuk Sekolah Madrasah Aliyah

Pengiriman pertama untuk project angkutan koputer pada minggu yang lalu untuk kegiatan loading pertama kami kirimkan # unit Colt Diesel yang ditujukan untuk berbagai titik distribusi diwilayah Bandung dan sekitarnya, untuk setiap 2 Armada Colt Diesel dengan tujuan 12 Titik pendistribusian dan 1 Unit Armada berikutnya untuk tujuan Bandung sekitarnya hanya termuat 9 Titik Pendistribusian.

Pengiriman ini diberikan oleh pihak ke-2 dari pemegang tender pengadaan alat Computer ini, dan pada kesempatan pengiriman ini kami melakukan kegiatan pada malam hari, dikarenakan pemesan unit armada kepada kami baru sore hari kami terima. Dari data pengiriman seluruh pendistribusian ditujukan untuk Sekolah Madrasah Aliyah, diwilayah bandung dan sekitarnya. Pekerjaan ini menempuh jarak cukup jauh atara satu titik sekolah ketempat sekolah madrasah lainnya.

Konskwensi kerja yang dipercayakan kepada kami sebelumnya kami sangat berterimakasih sekali, walaupun dengan keterbatasan waktu kegiatan ini esok harinya juga kami lanjutkan dengan penambahan 1 Unit armada Pick Up untuk 3 Titik lokasi, hal ini terkait 1 Unit armada hanya mampu loading 9 point pendistribusian karena keterbatasan space dari kondisi bak armada yang bersangkutan.

Pengiriman bantuan bantuan sejenis ini sudah beberapa kali kami handling baik istansi pemerintahan, maupun organisasi organisasi dunia atau bahkan lembaga lembaga swasta lainnya. dan keberadaan kami untuk jenis angkutan ini kami cukup sering diserahkan kepercayaan pengurusannya baik dari pemegang tender maupun dari Jasa transportasi. Terimakasih

Thursday, December 15, 2011

Bisnis.com Waskita-Kajima garap proyek MRT

JAKARTA: PT Waskita Karya membentuk konsorsium dengan Kajima Corporation dalam penggarapan proyek Mass Rapid Transit (MRT) rute Lebak Bulus-Bunderan HI.
 
Rencananya, dalam pembangunan proyek tersebut pembagian porsi pendanaan dan pembagian kerja akan dibagi menjadi 60% oleh Kajima Corporation, dan 40% sisanya dari PT Waskita Karya.   
 
Dirut PT Waskita Karya M Choliq mengatakan setelah lolos dalam prakualifikasi, mereka saat ini mulai menyiapkan dokumen tender proyek termasuk penawaran nilai proyek yang akan diajukan jika tender mulai dibuka.
 
"Kami sudah negosiasi dengan Kajima dan Waskita, sharingnya sebesar 40% dalam proyek ini," ujar Choliq hari ini.
 
Menurutnya, keikutsertaan Waskita dalam proyek itu karena sudah berpengalaman dalam menggarap proyek jalan, terutama jalan di Jakarta. Selain itu, dari segi finansialpun dinilai mencukupi sehingga proyek MRT itu telah menjadi salah satu proyek yang masuk dalam rencana anggaran proyek Waskita pada 2012.
 
Sebelumnya, perusahaan pelat merah itu juga telah berkonsorsium dengan Kajima dalam proyek pembangunan ruas tol akses Tanjung Priok Seksi E-2 ruas Cilincing-Jampea sepanjang 2,74 km dengan nilai kontrak Rp1,08 triliun.
 
Dirut PT MRT Jakarta Tribudi Rahardja mengatakan untuk proses pelaksanaan tender dokumen masih menunggu persetujuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Namun ditargetkan bisa dilaksanakan akhir Desember atau paling lambat awal Januari 2012.
 
"Setelah tender dilaksanakan, kami targetkan penandatangan kontrak kerja sama dengan kontraktor bisa dilaksanakan pada September 2012," ujarnya hari ini. (tw)
 



Bisnis.com Pengusaha-Pemprov DKI diskusi gali potensi ibu kota

JAKARTA: Paguyuban Werdatama Jaya, organisasi para pensiunan pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menggelar seminar bagi kalangan dunia usaha dan pejabat pemprov untuk menggali potensi usaha di Ibu Kota.

Melalui seminar bertema Kebijakan penataan ruang Pemprov DKI Jakarta bagi pengembangan dunia usaha itu para pebisnis dapat bertemu dan memperoleh informasi akurat dari tangan pertama mengenai kebijakan dan peraturan di Jakarta.

Diantaran kebijakan dan peraturan yang dibahas dalam seminar di Jakarta pada 15-16 Desember 2011 meliputi tata ruang, masalah pertanahan, perpajakan, perbankan serta peluang bisnis dan penyelesaian masalah yang dihadapi pengusaha.

Reimon, panitia seminar mengatakan sesuai kebijakan Paguyuban Werdatama Jaya, seminar yang dibuka dengan keynote speaker oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo itu tidak untuk konsumsi pemberitaan media masa.

"Kebijakan dari Paguyuban Werdatama Jaya tidak mengundang wartawan untuk meliput seminar. Kalau media mendapat undangan itu untuk menjadi peserta bukan peliputan," katanya di Jakarta hari ini.

Dia mengatakan perihal undangan yang dikirim ke media bukan untuk peliputan, tetapi mengudang sebagai peserta dengan ketentuan seperti yang tercantum dalam lampiran undangan tersebut.

Lampiran terakhir dari undangan yang ditandatangani Ketua Paguyuban Werdatama Jaya Ery Chajaridipura, kepada peserta dikenakan biaya Rp3 juta per orang untuk 2 hari seminar pada 15-16 Desember 2011 di hotel Bidakara Jakarta.

Ery dalam kata pengantar undangannya menyatakan seminar bertujuan untuk menyampaikan informasi kebijakan penataan ruang wilayah DKI 2011-2030 bagi kalangan dunia usaha sebagai pelaku pembangunan.

Selain itu, lanjutnya, seminar juga dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha agar memiliki wawasan yang luas tentang kebijakan publik dalam penataan ruang wilayah DKI dalam kaitannya dengan proses pembangunan yang tertib dan kondusif.(api)



Monday, December 12, 2011

Beragam unit untuk Pelaksanaan Loading/Unloading dan stuffing/striffing


Kegiatan Transportasi tidak lepas dengan penangan yang disebut dengan Loading atau unloading, maupun dengan Istilah Stuffing, Stuffing adalah bagian dari loading yang diperuntukkan untuk kegiatan pemuatan kedalam kontainer, dan sementara untuk kegiatan uloading kedalam container disebut dengan istilah Striffing, kedua hal ini tidak ada bedanya dengan tujuan yang dimaksud dengan istilag unloading/Loading.

Banyak ragam alat yang digunakan untuk kegiatan ini, dengan idealisme penggunaan Unit untuk Loading/Unloading adalah ruang lingkup dan jenis barang yang akan dilaksanakan kegiatan Loading/Unloading tersebut. Bisa berupa Crane, Portklif, Hand Pallet, Palmet, Hoice, Tackle dan bahkan tenaga manusia.

Keterbatas alat juga banyak solusi yang bisa digunakan seperti didalam kegiatan proyek lapangan bisa menggunakan alat yang tersedia diarea tersebut seperti, Excavator, Tower Crane atau bahkan alat alat lainnya. para industri pergudangan mewajibkan memiliki seminimalnya Portklif, karena alat ini sangan umum dan efesien penggunaannya di pergudangan.

Kadang menjadi salah persepsi dengan yang dimaksud dengan Loading/Unloading atau bahkan istilah pengiriman Door to Door, mungkin masih bisa ditoileransi apabila dalam hal bongkar/muat barang yang bersangkutan masih mampu dilakukan oleh Tenaga Manusia. dan mengatasi hal ini kami selaku pelaksana  jasa transportasi sering mengingatkan dan bahkan menawarkan sekaligus kegiatan atau biaya untuk ini, dan tergantung pihak cutomer menyetujui atau tidaknya tawaran kami.

Dan untuk rent dan handling kegiatan ini kami menyediakan service dengan harga yang cukup bersaing, dan untuk lebih detailnya dapat menghubungi kami maupun berdiskusi tentang hal ini. Terimakasih




Saturday, December 10, 2011

Angkutan Unit portklif Tujuan Indonesia Timur, Transhipment melalui pelabuhan Perak, Surabaya

Pengiriman untuk wilayah Indonesia Timur, cukup terbatas keberadaanya dipelabuhan Tanjung priok khususnya, kapal kapal reguler untuk kawasan tersebut, oleh karena sebab ini banyak shipment yang masih mengandalkan keberadaan Pelabuhan Perak, Surabaya Jawa timur.

Salah satunya seperti pengiriman kami beberapa hari yang lalu 2 Unit Portklif jenis D30S untuk wilayah timur indonesia dan dipelabuhan Perak, Surabaya dinominasi oleh EMKL PT. Nusa Jaya Pertiwi, dan tugas serta tanggung jawab kami adalah menyampaikan barang yang bersangkutan kepada penerima Transhipment tersebut dipelabuhan perak, Surabaya. Kawasan Surabaya sebagai pelaku jasa transportasi tidak bisa lagi dipungkiri keberadaanya, karena wilayah tersebut tersedia untuk berbagai tujuan kewilayah wilayah bagian Indonesia timur, baik pelabuhan pelabuhan terkecil disana.

Pengiriman unit ini kami laksanakan pada tanggal 29 November 2011 dengan menggunakan jenis armada kami Colt Diesel 2 Unit Armada, dan diserah terima kan kepada penerima yang bersangkutan.

Banyak hal yang bisa dilakukan dipelabuhan Tanjung perak, dan sesuai dengan hasil rapat kordinasi kami terhitung awal tahun 2012 kami akan hadir untuk wilayah ini. Dan kepada berbagai pihak pengguna jasa transportasi untuk dan dari kawasan ini dapat kami layani secara effective pada awal 2012 yang akan datang, dan permintaan harga serta konsultasi pengiriman dari kawasan ini dapat menghubungi kami pada email: titipanjasa@gmail.com atau contact person yang berada dalam blog ini.

Akhir kata kami akan hadir diwilayah Pelabuhan Perak, Surabaya, dan atas partisipasi dan dukungan dari para pengguna jasa kami sebelumnya kami mengucapkan terimakasih. dan salam sukses buat semua.

Projek Gedung Perguruan Tinggi Kotraktor PT. Hutama Karya Depan Alun alun Kota Serang, Banten

 Project pembangunan Gedung maupun Perumahan, material proyek cukup sering kami laksanakan pengirimannya sesuai dengan permintaan kotraktor pelaksana projek, Beberapa hari yang lalu kami melakukan pengiriman atas permintaan salah satu Perusahaan yang juga bergerak dalam bisnis transportasi untuk pengangkutan Besi kontruksi bangunan Gedung yang berlokasi tepatnya Didepan alun alun kota Serang.

Kawasan ini adalah larangan bagi kenderaan angkutan jenis trucking yang beroda 6 (enam) ke atas, dan oleh sebab itu kami memasuki kawasan project ini pada waktu malam dan itupun meminta bantuan kepada pihak Polisi setempat, untuk dizinkan memasuki kawasan tersebut dengan pengawalan aparat setempat. Sulitnya akses masuk kawasan projek dikarenakan berada dipusat kota, dengan diameter jalan yang cukup sempit.

Walaupun kondisi jalan tersebut begitu adanya, dan berkat kordinasi dengan pelaksana projek dilapangan, dapat kami laksanakan pengirimannya dengan waktu pekerja pulang pergi menuju serang 1 x 24 jam termasuk kondisi bongkar ditempat proyek..

Beberapa projek pengembang sudah sering kami dipercaya untuk pengangkutan material, baik untuk wilayah jakarta area, tangerang, jawa barat, banten, jawa tengah, dan bahkan wilayah dumatera yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Permintaan untuk angkutan material besi konstruksi keberbagai wilayah, baik menggunakan Moda angkutan darat, dan moda angkutan Laut dapat menghubungi kami. Dan kami akan berusaha memberikan harga yang terbaik sesuai dengan keingin pengguna jasa. Semoga dan Terimakasih

Friday, December 9, 2011

VIVAnews - Dahlan Ganti Dua Direksi Pertamina

 
Dahlan Ganti Dua Direksi Pertamina
Direktur Keuangan PT Pertamina dipercayakan kepada Andri T Hidayat.

Logo Pertamina

Maya Sofia | Jum'at, 9 Desember 2011, 21:52 WIB

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan memutuskan untuk mengganti dua direksi PT Pertamina, yakni Direktur Keuangan dan Direktur Perencanaan Investasi dan Managemen Resiko.

Pergantian tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Negara BUMN selaku RUPS PT Pertamina (Persero) No Kep-245/MBU/2011 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina yang ditandatangani pada Jumat, 9 Desember 2011.

Dalam rilis yang dikirim Pertamina, Ferederick ST Siahaan diberhentikan dengan hormat dari jabatannya sebagai Direktur Perencanaan Investasi dan Managemen Resiko PT Pertamina.

Jabatan tersebut dialihkan kepada M Afdal Bahaudin yang semula menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina.

Sementara itu posisi Direktur Keuangan PT Pertamina dipercayakan kepada Andri T Hidayat yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan PT Pertamina EP. (umi)

© VIVAnews

Presiden: waspadai situasi ekonomi 2012 - ANTARA News


Semarang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar para gubernur dan semua pihak mewaspadai situasi ekonomi global pada 2012 mendatang menyusul ancaman pengaruh krisis ekonomi di Eropa terhadap perekonomian di kawasan lain termasuk Asia.

Di depan 33 Gubernur seluruh Indonesia dalam Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jumat sore, Presiden mengatakan untuk menghadapi situasi itu maka diperlukan kerja sama dan kerja keras dari semua pihak.

"Mengapa 2008 kita bisa atasi bersama-sama?, pemerintah pusat dan daerah dan para ekonom bekerja sama, itu yang tidak terjadi pada 1998. Belajar dari pengalaman kita, pada 2012 nanti mari kita lakukan hal yang sama kita harus miliki komitmen langkah tindak dan serasikan langkah kita dengan itu kita bisa bertahan dan ekonomi tumbuh," kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan apa yang terjadi saat ini sangat mirip dengan krisis ekonomi yang terjadi pada 2008. Bila saat itu episentrum krisis ada di Amerika Serikat maka saat ini berada di Eropa atau Euro Zone.

"Krisis sekarang ini cepat lambat akan memukul perekonomian hampir semua negara di dunia, Indonesia yang 2008-2009 selamat sekarang tumbuh atas kerja keras kita semua, lagi-lagi terkena dampak. Ekspor, stabilitas rupiah, pasar modal, harga pangan dan harga energi. Sungguh prihatin bangsa kita ketika ekonomi baik dan terus tumbuh tetapi harus terkena dampak lagi," kata Presiden.

Presiden, selain memberikan arahan, dalam kesempatan itu juga membuka sesi dialog dengan para Gubernur dengan tujuan mengetahui masalah yang dihadapi di masing-masing daerah dan bisa menjadi masukan bagi langkah pemerintah pada 2012 mendatang mencegah pengaruh krisis.

"Saya tahu kita semua bekerja, karena itu guna memastikan apa yang kita lakukan lebih baik maka mari kita isi dengan dialog sehingga lakukan sejumlah koreksi, kalau itu sesuatu yang bawa kebaikan dan konkrit," tegasnya.

Dalam Munas APPSI tersebut, juga diagendakan pengarahan Ibu Negara Ani Yudhoyono kepada istri para Gubernur se-Indonesia yang hadir.

Mendampingi Presiden antara lain Mendagri Gamawan Fauzi, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Hukum dan Ham Amir Syamsuddin, Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam.
(T.P008/B013)



Thursday, December 8, 2011

Project Pipanisasi PLTU Tanjung Selor Pemuatan Hari Pertama 02 Desember 2011

Project PLTU Tanjung Selor yang diprakarsai ole Joint Operation antara Adhi - KMN, Bulungan Kalimantan Timur akhirnya kami diberi kesempatan melalu referensi dari Adhi untuk pengangkutan Spiral Pipe tersebut ke Pelabuhan umum Gresik, Jawa Timur. Pada pemuatan pertama ini kami melakukan kegiatan loading dengan Trailer sejumlah 3 Unit Armada dengan spiral pipe Panjang 12 M.

Beberapa pengiriman dibelakang ini telah kami posting sebelumnya, mengingat data pemuatan maupun dokumentasi baru saat ini komplit kami terima dari orang kami dilapangan.

Tanjung Selor, berada dikabupaten bulungan, Kalimantan Timur yang dapat dijangkau dengan angkutan Laut, dan pemegang pengiriman laut dilakukan oleh EMKL PT. Sura Putra Trans yang berlokasi di pelabuhan Umum Gresik, sebagai transportir yang diserahkan pengangkutan darat ke gresik kami bekerjasama dengan pihak tersebut untuk melaksanakan pembongkaran dan loading kekapal dari pelabuhan gresik.

Rangkaian kegiatan ini cukup Rushing dari pihak shipper berhubung keterbatasan waktu dengan pihak pengiriman laut, sehingga permuatan pertama ini kami lakukan pada malam hari ditempat pabrik PT. Swarna Baja Pacific yang berlokasi di Jalan Raya Serang KM. 28, Balaraja Tangerang. Konsekwensi kerja kami tidak mengenal waktu walau pada pemuatan pertama ini kami tuntas pengirimannya sampai dengan dini hari, merngingat pengiriman yang ditekankan cukup urgent tiba di Gresik.

Untuk angkutan lainya selain tujuan Bulungan, Tanjung Selor kami cukup rutin angkutan kapal cepat maupun kapal roro untuk kawasan kalimantan, baik kalimantan barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Untuk mengetahui rekam kegiatan kami yang kami motor sejak tahun 2003 sampai dengan saat ini, dapat berselancar browsing dalam blog kami ini. Seluruh kegiatan kami kami persembahkan memberikan pelayanan yang terbaik, dan harga yang cukup bersaing sesuai dengan keingin pihak customer yang mempercayai pengirimannya kepada kami. Dan atas kerjasa tersebut kami mengucapkan banyak terimakasih, dan berharap kedepan terus terjalin kerjasama yang baik. Salam hangat dan Semoga Sukses

Proyek utama IMT-GT di Sumut diusulkan US$5,3 miliar

 

Bisnis.com

MEDAN: Pebisnis Sumatera mengusulkan pembangunan enam projek infrastruktur di Sumatera untuk dijadikan prioritas dalam kerjasama Indonesia Malaysia Thailand- Growth Triangle (IMT-GT) dengan total nilai investasi US$5,3 miliar.   

Infrastruktur yang diusulkan tersebut antara lain Bandara Kuala Namu, Pusat Industri Sungai Mangkei, Pelabuhan Kuala Langsa, Jalan Tol Banda Aceh-Kuala Simpang, JalanTol Kuala Namu- Tebing Tinggi dan Jalan Tol Medan –Binjai.

Chairperson HRD JBC IMT-GT Viator Butar-Butar, di sela-sela pertemuan IMT-GT, hari ini (Rabu, 7 Desember),  mengemukakan enam proyek itu membutuhkan investasi US$5,3 miliar. Dia mengharapkan sebesar 60% dari total dana itu akan disediakan dari pinjaman ADB.

Dari acara penutupan pertemuan IMT-GT, Erick Sidgwick dari Asian Development Bank (ADB), menjelaskan pihaknya akan memprioritaskan pendanaan proyek yang menghasilkan konektivitas antara Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Salah satu proyek yang sudah disetujui, paparnya, interkoneksi listrik antara Malaysia (Malaka) dengan Pulau Sumatera (Pekan Baru) ditargetkan sudah selesai dibangun pada 2017, sehingga dapat mengatasi persoalan defisit listrik di Pulau Sumatera.

PLN dan TNB (Tenaga Nasional Berhard) telah sepakat membentuk tim kerjasama proyek, termasuk melakukan menyusun studi kelayakan bisnis, seperti survei kapal bawah laut dan proses tender pada 2012, sehingga pada 2013 pembangunan konstruksi dimulai.

Proyek pembangunan interkoneksi ini akan menjadi penghubung kedua negara, mengingat deficit listrik di Pulau Sumatera yang menjadi salah satu penghambat investasi, sementara terjadi kapasitas berlebih daya listrik yang dihasilkan oleh TNB di Malaka.

"Jalur interkoneksi ini juga dapat dimanfaatkan oleh Indonesia memasok listrik ke Malaysia, apabila produksi listrik dalam negeri berlebih. Pembangunan Interconection Power ini adalah yang terbaik yang sudah diputuskan IMT-GT Meeting dan sudah ada pembicaraan antara PLN dan TNB," ujar Dato' Haji Fauzi Naim, Ketua IMT-GT Malaysia.

Sementara itu, Plt Gubernur Sumatra Utara Gotot Pudjonugroho di depan para gubernur sub regional IMT-GT memaparkan pembangunan mega proyek Kluster Industri Kelapa Sawit Terpadu- Sei Simangke beserta infrastruktur pendukungnya untuk  memperoleh dukungan pembiayaan ADB.

Pada kesempatan itu, Gotot Pudjonugroho mengatakan pihaknya akan memanfaatkan fasilitas dari kerjasama IMT-GT. Untuk memperkuat kerjasama, dia berharap Medan dapat menjadi lokasi secretariat IMT-GT yang hingga saat ini belum dimiliki forum itu.(api)


 


Wednesday, December 7, 2011

detikInet: Telkom Berambisi Hadirkan Akses Data 100 Mbps

Telkom Berambisi Hadirkan Akses Data 100 Mbps
detikcom - Jakarta, Telkom tengah menggarap pembangunan jaringan infrastruktur fiber optik nasional yang disebut sebagai Nusantara Super Highway. Infrastruktur ini pun diklaim sebagai backbone true broadband, yang mampu mengirim kecepatan data hingga 100 Mbps.

Penyelesaian jaringan ini sendiri akan ditambahkan dari Manado hingga Papua. Dimana pengerjaannya dilakukan pada awal tahun 2012 dan selesai diharapkan sebelum 2014.

Dengan penyelesaian pembangunan ini, maka jaringan infratruktur broadband nasional akan terhubung. Jaringan backbone Manado-Papua menghubungkan Ternate, Sorong, Manokwari, Biak, Jayapura hingga Timika.

Menurut Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmasyah, perseroan segera membuka tander dalam pembangunan backbone. "Jaringan Manado-Papua akan dimulai awal tahun depan, dan akan selesai 2013 akhir. Sebelum awal 2014 sudah harus selesai," katanya di Jakarta, Rabu (7/12/2011).

Jaringan broadband fiber optik sebelumnya juga telah terhubung, dan membentang dari ring Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Bali-Nusatenggara. "Jaringan ini jika telah terhubung akan terkoneksi seluruhnya. Seperti nama jaringan kami, Nusantara Super Highway," ucapnya.

Pengembangan infrastruktur dan sistem yang dilakukan Telkom merupakan antisipasi persaingan industri yang semakin ketat. Tidak hanya infrastruktur dalam, pengembangan fitur juga telah disiapkan.

"Pengembangan backbone dan akses akan kita lakukan ke rumah-rumah dan kantor sampai dengan 2015. Selain itu, kami juga melakukan transformasi budaya. Hingga karyawan tidak hanya kabel, tapi yang lain," tambah Rinaldi.

Infrastruktur backbone serat optik ini juga memungkinkan Telkom menyediakan layanan home digital environment, enterprise and government. Melalui Our Matra, dengan triple play and screen (3PS) serta cloud. Perseroan juga akan menghadirkan fitur IPTV, Smart TV dan Mobile.

"Seluruh pengembangan yang kita lakukan adalah konvergensi antara fixed dan selular, dengan menggabungkan backbone dan akses, serta flexi dan Speedy, dan memasukkan gambar di Grovia," lanjutnya.

"Untuk jaringan ke depannya, kita akan ganti kabel tembaga seluruhnya dengan fiber optik. 13 juta homepass sampai dengan 2015 dengan kecepatan antara 20-100 Mbps," Rinaldi menandaskan.


Angkutan Lowbet untuk Boiler Dimensi 4M Dadap - Tuban, Jawa Timur

 Angkutan Lowbet untuk alat alat berdimesni lebar maupun unit unit bergerak yang dipergunakan untuk keperluan project, adalah pengalaman kami yang cukup sering kami laksanakan pemuatan baik untuk tujuan Sumatera, Jawa bahkan Bali. Specialist kami untuk angkutan project diberbagai sektor menjadikan kami cukup berpengalaman untuk melaksanakan pekerjaan ini.

Berikut kegiatan kami untuk angkutan Lowbet tujuan Tuban, Jawa Timur yang mana penerima barang adah salah satu perusahaan yang melaksanakan project disana
, Boiler ini telah kami survey sebelumnya dan pada tanggal 06 Desember 2011 kami lakukan pemuatan untuk dikirim ke tuban.

Pemuatan ini dengan menggunakan unit Portklif 2 unit yang kapasitas 20 Ton dengan 15 Ton, dan sukses dilaksanakan pada hari kemarin.


Untuk tujuan tujuan lain yang menggunakan angkutan Lowbet, Trailer maupun Cometo kami juga dapat menyediakan walaupun dalam jumlah yang cukup terbatas. Pemesangan untuk unit kami harapkan jangan mendadak minimal order 1 x 24 jam sebelum dilaksanakan pemuatan, dan dalam hal penggunaan armnada ini mengingat kondisi Flatbet yang bervariasi dan jenis maupun bentuknya, mohon diinformasikan terlebih dahulu jenis barang serta dimensi untuk kenyaman penggunaan armada trucking diperjalanan dan serta keamanan barang diatas truck. 

Sejauh ini untuk angkutan charter ritasi kami baru bisa melayani untuk wilayah sumatera, jawa serta bali untuk tujuan lain diluar tujuan tersebut harga negosiasi. Terimakasih

Tuesday, December 6, 2011

Trailer ke-5 last requested untuk menutupi permintaan pengiriman tujuan Tanjung Selor, Spiral Pipe

 Melengkapi pengiriman kami untuk tujuan Project Pipanisasi pada hari kedua disore hari kami menanmbahkan satu armada lagi sehingga pada hari tersebut 3 Desember 2011 unit yang kami kirimkan untuk angkutan Trailer 40ft bverjumlah 5 Unit Trailer.

Pada pemuatan yang terakhir ini pipa yang diloading keatas flatbed trailer adalah pipa yang standar yaitu dengan panjang 12 M dan dapat dimuat dengan jumlah 17 Batang Spiral Pipe untuk ditranshipment melalui pelabuhan umum Gresik. Jawa Timur.

Pengiriman pengiriman lain untuk menggunakan unit trailer maupun lowbed dapat bekerjasama dengan kami, mengingat unit ini cukup rutin kami operasikan baik wilayah Jawa maupun wilayah sumatera, dan untuk jenis barang yang akan diangkut dapat diinformasikan terlebih dahulu untuk lebih detail dalam penangan pemuatan maupun lainya.

Kami cukup familiar dengan angkutan trailer maupun lowbet keberbagai tujuan dan pada kesempatan ini kami posting lagi kegiatan kami untuk trailer tujuaan Pelabuhan Umum Gresik.

Hal hal lain dalamn angkutan jasa transportasi juga kami dapat membantu sepanjang masih dapat kami kerjakan, sesuai orientasi pekerjaan kami yang kami uraikan pada post diatas. Terimakasih

Material Project PT. DEC Engineering Jeneponto, Sulawesi Selatan

Pengiriman kali ini untuk material project salah satu perusahaan engineering yang berdomisili di jakarta, yang melalui rekan kami CV. Surya Rona Penida yang beralamat didaerah cengkareng, Jakarta Barat, meminta kami untuk menghandling barang yang bersangkutan karena sifatnya yang rush handling dan harus cepat tiba ditujuan.

Pada pengiriman ini kami menggunakan armada Kapal Roro melalui pelabuhan Makassar dengan KM. Pricissila, yang diberangkat dari jakarta pada tanggal 27 November 2011, akan tetapi pengiriman dikarenakan keterbatasan pelabuhan bongkar dimakassar, mengalami keterlambatan sandar dari jadwal yang seharusnya sehingga barang baru diterima dilokasi pada hari kemarin 05 Desember 2011.

Kendala kapal sandar dan bongkar memang menjadi masalah yang tidak bisa diprediksi sehingga terkadang mengakibatkan keterlambatan dari prakiraan sebelumnya 1 s/d 2 hari kerja tapi memang selama ini apabila adapun keterlambatan dikarekan alasan sandar dan bongkar sejauh pengalaman kami maksimum 3 x 24 jam, alasan ini terjadi karena dermaga pengguna kapal Ro-Ro silih berganti dengan pengguna kapal Penumpang, baik PT. PELNI, Maupun Pelayaran Penumpang Swasta lainnya yang datanng dari pelabuhan lain selain pelabuhan Jakarta.

oleh Karena Kapal RO-RO yang berangkat dari jakarta untuk tujuan Indonesia Timut umumnya dikategorikan kapal Barang yang berjenis Roll On Roll Off, sehingga selalu Didahului oleh kapal Penumpang baik Kapal Pelni maupun Kapal Swasta.

Pengiriman lain untuk seluruh wilayah di provinsi Sulawesi Selatan hampir sepenuhnya kami telah dapat melaksanakan baik pengiriman kewilayah tersebut maupun pengiriman dari wilayah tersebut, dan untuk selengkapnya dapat menghubungi kami pada Blog ini maupun melalau email kami titipanjasa@gmail.com

Monday, December 5, 2011

Pemuatan hari kedua Sabtu 3 Desember 2011 project pipanisasi Tanjung selor, Kalimantan

Project pipanisasi baik perusahaan gas maupun minyak banyak terdapat dimana mana diseluruh Indonesia, dan salah satunya yang sedang dibangun untuk kawasan Tanjung selor, Kalimantan project ini dilakukan oleh kontraktor nasional yang berdomisili dijakarta.
Pada hari kedua ini kami melakukan kegiatan loading untuk spiral pipe yang panjang barangnya 15 M, yang mana seluruh barang ditranshipment melalui pelabuhan umum Gresik, jawa timur.
Kegiatan ini berlangsung selama beberapa hari didaerah pemuatan pabrik yang berlokasi dibalaraja, Tangerang. Pada hari kedua kami meloading sebanyak 4 unit trailer 40ft untuk pipa yang panjangnya sekitar 15M. Cukup riskan memang penanganan barang ini tapi berkat pengalaman kami, dengan keterbatasan kami dapat melayaninya sesuai dengan jadwal yang dimintakan oleh Owner terhadap perusahaan kami.


Pengiriman ini sebelumnya juga telah kami laksana sebanyak 3 unit trailer 40ft dan kegiatan pengiriman tersebut akan kami posting pada kesempatan berikutnya.

Untuk penggunaan armada trailer keberbagai wilayah baik, wilayah di pulau Jawa, Sumatera kiranya tidak segan segan menghubungi kami, dan mengenai harga akan kami informasikan dengan harga yang kompetitive. Terimakasih

Saturday, December 3, 2011

Project spiral pipe Tanjung selor, Kalimantan

Hari ini hari kedua kami loading di Jl. Raya serang km. 28 untuk project pilanisasi di Tanjung selor, kalimantan project ini berkat referensi dari salah satu kontraktor terbesar diindonesia kami akhirnya dipercaya oleh pihak vendor PT. Swarna Baja Pacific.  

Hari ini rangkaian pemuatan yang kedua untuk spiral pipa yang berdiameter 40 CM dengan panjang antara 10M, 12M dan 15M. 

Beberapa pengangkutan serupa kami juga sering melayani baik pemuatan wilayah Cilegon, Bekasi maupun Tangerang dari beberapa perusahaan yang bergerak dalam produksi pipa. 

Berikut ini salah satu pabrik yang memproduksi pipa spiral untuk beraneka macam penggunaan. Terimakasih





Friday, December 2, 2011

Survey Angkutan lowbet dadap, Tangerang - Tuban, Jawa timur

Hari ini kami melakukan survey untuk Angkutan tanky Besi yang berlokasi didadap, Tangerang untuk Tuban Jawa timur, pengiriman ini Alan dilaksanakan besok siang loading ditempat untuk dapat dibongkar pada hari senin dituban, Jawa timur.


Dan pada hari ini jugq kami melakukan kegiatan loading lainny untuk Tujuan Bali, Dan jarak pengiriman pendek ke serang, Banten. 

Dan kami ucapkan terimakasih untuk semua pihak yang terlibat dilapangan walau dalam kondisi diguyur hujan masih tetap exsis  untuk kegiatan loading Dan kelancaran usaha. 

Terimakasih Dan semua mendapat lindunganNYA