Monday, January 23, 2012

Rendah Hati & Pantang Menyerah - www.inilah.com


INILAH.COM, Jakarta - Maskapai pelopor penerbangan murah, Lion Air, semakin mengembang sayapnya. Lalu siapakah 'pilot' di balik bisnis dengan slogan "We make people fly" ini?

Adalah Rusdi Kirana, pria kelahiran 17 Agustus 1963 yang dinilai telah berhasil membuat nama Lion Air dikenal khalayak. Dengan bekal pengalaman sebagai sales agent sebuah biro perjalanan, ia bersama saudaranya, Kusnan Kirana, mendirikan Lion Tours kemudian berlanjut ke bisnis penerbangan yang diberi nama Lion Air.

Semangatnya yang pantang menyerah berasal dari latar belakang keluarga yang berdarah pedagang ini, mampu menepis keraguan orang-orang sekitarnya akan keberhasilan bisnis tersebut. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya Wings Air anak usaha Lion air dan jumlah pesawat yang dimilikinya yang telah mencapai 90 pesawat.

Baru-baru ini, bos Lion Air membuat kejutan dengan memborong 230 pesawat Boeing besutan AS senilai US$21,7 miliar atau sekitar Rp195 triliun. Tak tanggung-tanggung, penandatanganan kesepakatan pembelian ini disaksikan langsung oleh Presiden AS Barack Obama.

Pria yang dikenal dengan sifat rendah hati, mudah bergaul dan selalu tampil sederhana ini mengawali bisnis penerbangan dengan modal sebesar US$10 juta. Lulusan Universitas Pancasila ini sempat masuk dalam jajaran orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes 2010 dengan harta kekayaan mencapai US$580 juta.