Tuesday, April 3, 2012

Proses Loading/unloading dipelabuhan pengiriman Via Kapal Roro

Pengiriman tujuan Domestik cukup simple dalama pengurusannya dipelabuhan yang tidak memerlukan izin khusus apalagi berhubungan dengan Custom Clereance, namun faktor keselamatan maupun keamanan barang yang menjadi tolak ukur dalam penangan dipelabuhan, banyak lalu lintas pengiriman keberbagai wilayah diindonesia melalui pelabuhan tanjung priuk, sering terjadi kerusakan barang dan penangan yang salah dalam hal ini, kadang pengetahuan maupun pengalaman dalam penangan bongkar muat salah sehingga terjadi kerusakan atas barang lain dikarenakan tertimpa dari barang yang lebih berat dari barang tersebut.
Hal inilah yang harus diperhatikan, sebagaimana yang kita ketahui dalam penangan barang yang dikemas dalam bentuk peti maupun pallet juga harus dipastikan adanya instruksi tenangan baik berupa stiker maupun tulisan yang tertera dibagian kemasan tersebut.

Untuk lebih detailnya dalam hal ini alangkah lebih baiknya mengikuti Kursus pengiriman barang berupa Dangerous Cargo, yang secara International digalakkan berbagai pihak seperti FIATA maupun IATA.

Pengiriman Domestic masih terbatas pengatahuan para pelaku jasa transportasi sehingga terkesan sering dikesampingkan, padahal resiko seperti ini juga sering terjadi kerugian bahkan kecelakaan kerja, dan alangkah baiknya untuk barang yang diangkut terlebih dahulu kita pahami jenis barang, kemasan, berat barang maupun kondisi Packing terhadap barang tersebut apabila tidak terdapat instruksi penanganan berupa sticker maupun symbol lain yang tertera dalam packing tersebut.

Hampir setiap tujuan pelabuhan indonesia dalam angkutan laut domestik dapat dijangkau dari pelabuhan tanjung priok, baik wilayah sumatera, NTT, Kalimantan, Sulawesi maupun Indonesia Timur lainnya, dan setiap pelabuhan maupun gudang pemuatan cukup sesak dengan hilir mudik barang untuk dikirim maupun didelivery. So kesan kami dalam hal ini mari kita senantiasi bekerja lebih hati hati dilapangan, untuk keamanan dan keselamatan kerja... Selamat beraktivitas!!