Wednesday, November 21, 2012

Proses Loading unloading Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta

Pelabuhan Sunda kelapa, mungkin banyak yang tidak tahu eksitensi pelabuhan ini, padahal pelabuhan ini merupakan pelabuhan tertua untuk Ibu kota Jakarta.
Pelabuhan ini masih effective digunakan berbagai pihak pelayaran, khususnya tujuan domestik dan untuk berbagai tujuan diwilayah perairan Indonesia.

Dipelabuhan ini terdapat banyak pelayaran yang mengoperasikan kapal, baik kapal Kayu, Kapal Cargo maupun Landing Craft Tank, namun kebanyakan dari kapal kapal ini mempunyai DWT tidak terlalu besar dibawah ukuran 1.200 DWT dan juga sebagian kapal kapal perintis untuk pelabuhan pelabuhan terkecil baik disumatera, Kalimantan dan serta wilayah Indonesia Timur Lainnya.

Konon pelabuhan ini merupakan sejerah pertama sebagai pelabuhan untuk ibu kota negara kita yang pada zaman tersebut dikenal dengan sebutan Batavia, pantaslah disekitaran pelabuhan ini masih terdapat peninggalan peninggalan sejarah yang dilestarikan sampai saat ini.

Dalam kegiatan kali ini kami posting bagaimana fasilitas yang tersediaan dipelabuhan ini cukup lengkap untuk melakukan kegiatan Bongkar Muat dari kapal kapal yang ada.

Namun yang cukup disayangkan apabila memasuki kawasan pelabuhan ini masih begitu memprihatinkan baik pelataran pelabuhan yang sangat rendah dari pinggir laut, sehingga cukup sering pelabuhan ini kebanjiran apabila kondisi air laut sedang pasang, dan juga kapal kapal sering kandas pada saat air laut  surut. pelabuhan ini sebenarnya dibawah kendali oleh Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I), tapi kami yakin kedepan pelabuhan ini pasti akan ditingkatkan mengingat aktivitas keluar/masuk pengiriman dari wilayah ini masih menjanjikan untuk pengembangannya. Salam sukses